Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Ads.txt Pada Blogspot

Cara Mengaktifkan Ads.txt Pada Blogspot. Nah bagi temans yang baru saja diterima pengajuannya oleh Google Adsense pastinya sangat senang dan gembira ya. Sama halnya ketika saat pertama kali Cara Pemula diterima sebagai penayang iklan Adsense. Rasa senang, gembira, haru, campur aduk jadi satu. *ceilee*

Namun satu hal yang terpenting disini adalah jangan larut dalam kesenangan, karena ini baru awal saja. Kedepan tantangan yang dihadapi tidak kalah susah dari ini, mulai dari menjaring pengunjung blog, menerbitkan artikel-artikel baru agar blog tetap aktif, dan lainnya hingga dapat mencairkan pundi-pundi rupiah dari Google Adsense.

Nah temans, sebelumnya Cara Pemula juga telah menulis artikel tentang cara memasang auto ads pada blog AMP, sehingga jika kamu juga menggunakan blog AMP dan masih bingung bisa mengikuti langkah-langkahnya.

Kehadiran fitur Auto Ads ini sangat membantu sekali, terutama bagi pemula yang masing bingung mengenai tempat pemasangan iklan yang strategis.

Pilihan lain adalah dengan memasang iklan resposive karena jenis iklan ini bisa menyesuaikan dengan lebar atau tinggi secara otomatis.

Jika unit iklan sudah terpasang dan sudah tayang di blog kamu, selanjutnya kamu dapat memantau pendapatan dari masing-masing unit iklan tersebut. Jika kurang maksimal kamu dapat mengatur penempatannya kembali.

Selanjutnya, biasanya Google akan meminta otorisasi atas penayangan iklannya di blog. Untuk itu, dibutuhkan pemasangan Ads.txt pada blog.



Ads.txt atau Authorized Digital Sellers


Ads.txt atau Authorized Digital Sellers adalah adalah program yang prakarsai dan dirancang oleh IAB yang bertujuan untuk mengurangi kecurangan dalam inventaris iklan. Dengan demikian akan terjadi transparansi di antara pengiklan dan penerbit.

Jadi pemasangan Ads.txt ini sangat direkomendasikan bagi semua penayang iklan Adsense tanpa terkecuali, termasuk juga bagi kamu yang menggunakan platform Blogspot. Kabar gembiranya bagi temans pengguna platform Blogspot adalah kini sudah dipermudah dalam penerapan Ads.txt ini. Jadi tidak perlu pusing lagi soal hal ini ya.

Mengaktifkan Ads.txt Pada Blogspot


Setelah mengetahui apa itu Ads.txt atau Authorized Digital Sellers selanjutnya adalah bagaimana cara memasang dan mengaktifkan Ads.txt pada Blogspot. Jika kamu belum memasangnya, biasanya ada notifikasi atau peringatan pada dashboard Google Adsense yang berbunyi :


Earnings at risk - One or more of your sites does not have an ads.txt file.
Fix this now to avoid severe impact to your revenue.

Atau kalau dalam bahasa Indonesia berbunyi :


Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang adsense.
Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.


Oke temans, langsung saja untuk mengaktifkan Ads.txt nya, untuk caranya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini berdasarkan informasi dari https://support.google.com/adsense/answer/7532444 :

  • Masuk ke dashboard Blogger
  • Lalu masuk ke bagian setting/pengaturan -> search preferences/preferensi penelusuran
  • Carilah menu monetization/monetisasi 
  • Kemudian klik edit dan aktifkan konten ads.txt kustom dengan memilih Ya. Silahkan lihat gambar dibawah ini :



  • Selanjutnya adalah memasukkan kode seperti dibawah ini :


google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Catatan : silahkan ganti pub-0000000000000000 dengan ID Google Adsense kamu sendiri ya.

  • Lalu klik Simpan
  • Robot Google akan memverifikasinya dalam 1x24 jam
  • Jika sudah terpasang, kamu bisa cek dengan cara mengunjungi https://namablogkamu/ads.txt


Cara Mengetahui ID Penayang Google AdSense?


Jika kamu masih bingung dengan pub-0000000000000000 atau ID penayang Google Adsense, kamu bisa melihatnya dengan cara :
  • Masuk ke dashboard Google Adsense
  • Masuk ke account -> settings -> Account information



Tips:
Jika kamu sudah pasang ads.txt namun pada dashboard Adsense masih ada notifikasi juga, kamu bisa lakukan hapus lagi ads.txt nya, kemudian simpan dan refresh halaman. Selanjutnya isikan kembali ads.txt dan simpan. Tunggu sehari atau dua hari maka notofikasi tersebut akan hilang.

Nah, bagi kamu yang pada dashboard Google Adsense-nya mendapatkan notifikasi atau peringatan terkait pemasangan Ads.txt ini, sebaiknya segera memasangnya daripada berimbas pada pendapatan kamu. Demikian penjelasan singkat tentang cara mengaktifkan Ads.txt pada Blogspot, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Ads.txt Pada Blogspot"