Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Destinasi Wisata Terbaik di Kota Kediri, yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Traveling, adalah salah satu hobiku terutama ketika waktu wekend dan libur telah tiba, selain melakukan travelling sendiri, saya lebih senang ketika melakukan perjalanan bersama teman-teman satu desaku. Yups aku adalah seorang pemuda yang berasal dari sebuah desa kecil yang terletak di kota penuh kenangan. Kota kediri kota kecil dengan segala keindahanya, yang akan membuat rindu orang yang telah meninggalkanya.

Banyak sekali tempat yang menarik nan cantik di kota kelahiranku ini, Tentu aku akan selalu merindukan Kediri Lagi, bila aku nanti pergi meninggalkan kota kecil penuh dengan tempat yang menarik ini. 

Nah untuk kalian yang belum begitu tau kota kediri, Yuk berkenalan dengan kota kecil nan indah ini, kota kediri adalah sebuah kota yang terletak tepatnya di Jawa Timur Indonesia. Kota kediri sendiri dijuluki Tahu, karena oleh-oleh khas kedirinya Tahu Takwa, dan satu lagi oleh-oleh khas kediri yang tidak boleh anda lewatkan bila berkunjung ke kediri, Gethuk Pisang. Yup getuk pisang adalah makanan dan oleh-oleh khas kediri, gethuk yang terbuat dari olahan pisang yang dibungkus rapi dengan daun pisang ini semakin menambah kerinduan bagi kita yang meninggalkan kota kecil nan cantik ini.

Selain oleh-oleh yang selalu dirindukan, kota kediri juga memiliki banyak sekali destinasi wisata yang tidak kalah cantik sama yang dimiliki orang luar. Hmm apa saja ya ?  


1). Simpang Lima Gumul Kediri (SLG)
Yang pertama adalah Monumen bersejarah simpang lima gumul atau yang sering disebut orang-orang sebut sebagai Parisnya kota kediri, karena bentuk monumen simpang lima gumul ini mirip dengan monumen Arc de Triomphe yang ada di Paris France. Bila anda ingin berkunjung ke Arc de Triomphe , tidak usah jauh-jauh, langsung saja berkunjung ke kota kecil penuh kenangan ini. Pastinya anda akan dimanjakan dengan pemandangan parisnya kota kediri.

Disini anda bisa berfoto-foto dengan keluarga maupun berswafoto (Selfi) dengan menggunakan latar belakan Arc de Triomphe  kota kediri.


2). Kawasan Sekitar Simpang Lima Gumul Kediri (SLG)
Masih di sekita simpang lima gumul kediri, disini anda juga akan dimanjakan dengan adanya taman bermain untuk anak-anak, juga disediakan taman hijau yang dapat anda manfaatkan untuk bersantai dan menikmati kesejukan kota kediri.


3). Makam Sri Aji Jayabaya (Raja Kediri)
Selanjutnya destinasi wisata religi yang wajib dan tidak boleh anda lewatkan adalah Makam Sri Aji Jayabaya, perlu anda ketahui , Sri Aji Joyoboyo adalah seorang raja dan juga pendiri kota kediri, selain itu beliaulah yang telah menggagas untuk didirikanya Simpang Lima Gumul. Di tempat ini anda akan disuguhi wisata religi, namun harus dijaga kesopananya. Karena di makam Sri Aji Jayabaya adalah tempat sakral dan sering digunakan sebagai acara adat pada malam Satu Sura atau Satu Muharaam.

Saya sarankan bila ingin berkunjung kesini , sebaiknya pada saat Satu Muharam, karena bertepatan saat upacara adat budaya kota kediri layaknya keraton Yogyakarta.


4). Taman Sekartaji Kediri
Taman Sekartaji kota kediri, bila anda berkunjung kesini anda, akan mendapati berbagai macam tarikan dan kesenian khas kediri, yang terkadang menampilkan tarian putri-putri yang di iringi Anoman dan menunjukan seni tarian di taman sekartaji. Anoman sendiri adalah salah satu tokoh pewayangan pada cerita Ramayana yang mengabdi kepada Rama dan membantunya untuk menyelamatkan Sintha dari tangan Arwana Raja.


5). Gunung Kelud Kediri
Setelah destinasi budaya, kita langsung menuju ke destinasi wisata pegunungan, yups apalagi kalau bukan Gunung Kelud Kediri. Salah satu destinasi wisata alam yang banyak digandrungi wisatawan lokal, bahkan hingga mancanegara. Gunung Kelud semakin dikenal karena sempat meletus pada tahun 2014 lalu.

Letusan yang begitu dahsyat hingga melontarkan abu vulkanik, hingga mencapai negri jiran malaysia. Dulu pernah mau meletus waktu tahun 2007, namun berhenti dan menimbulkan gunung anakan, yang orang kediri sebut sebagai anakan gunung kelud. Dan finalnya meletus pada tahun 2014 lalu.


6). Bukit Ongak-an Lereng Gunung Kelud
Masih di sekitar gunung kelud, selain berwisata ke puncak gunung kelud, jangan lupakan tempat satu ini, ialah Bukit Ongak an gunung kelud. Bukit ini terletak di desa Besowo, Kecamatan Kepung Kota Kediri. Tempat ini sendiri mulai ditemukan dan terkenal setelah terjadinya letusan gunung kelud 2014 lalu.

Hingga kini bukit ongak an telah dikelola dengan baik dan menjadi destinasi wisata keluarga yang sangat cocok, selain tempat yang sejuk, anda akan disuguhi pemandangan yang indah. Dari sini anda dapat melihat Waduk Selorejo yang berada pada Kabupaten Malang tepatnya kecamatan Ngantang.


8). Gunung Wilis
Tetap Stay di pegunungan dulu gaes, kali ini kita bergegas ke Puncak Gunung Willis. Destinasi satu ini sangat cocok bagi anda yang menyukai atau hoby Hiking (mendaki), mountain satu ini terletak di kota kediri, bila anda berkunjung kesini anda akan disuguhi pemandangan nan cantik. Selain pemandangan anda juga bisa berkemah di Gunung Wilis ini.


9). Alun-Alun Kota Kediri
Mungkin tidak banyak yang tahu lokasi alun-laun kota kediri ini, namun bila anda berkunjung ke Kediri Lagi, jangan lewatkan tempat yang indah satu ini, disini anda bisa bersantai dengan menikmati kesejukan udara kota kediri bersama keluarga. Untuk kebersihan jangan kawatir, disini sangat dijaga untuk kebersihanya.


10). Kandang Kuda Selopanggung
Kandang kuda Selopanggung, Bila berkunjung ke tempat ini , anda dapat berinteraksi langsung dengan seekor kuda. Selain berinteraksi anda juga dapat memberi mereka makan secara langsung. Bila anda ingin berfoto bersama kuda pun disini disediakan. Asalkan hati-hati ya jangan membuat si kuda kaget lalu ngambek hehe.


11). Indian Village
Indian Village, bila anda ingin berkunjung ke tempat suku indian di Amerika Utara, sudah tidak perlu jauh-jauh. Datang aja ke Indian Village kota kediri. Indian village ini berlokasi di sekitar ngancar gunung kelud kediri. Disini anda akan serasa di Amerika Utara, dengan rumah rumah ala suku indian yang berbentuk kerucut sangat cocok untuk anda berfoto, dengan menggunakan latar belakang suku indian. Tentunya semakin menambah keren anda :D.


12). Air Terjun Dholo
Destinasi wisata alam satu ini adalah Air Terjun Dholo, yups salah satu air terjun andalan kota kediri, yang sudah tidak diragukan lagi keindahanya. Ditempat ini juga memiliki udara yang sangat sejuk, selain itu anda akan dimanjakan pemandangan alam yang luar biasa.


13). Waduk Siman Kepung Kediri
Waduk yang terletak di Desa Siman Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri ini adalah salah satu waduk yang ada di kota kediri, memang ukuranya tidak terlalu besar, namun memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya. Waduk siman juga dekat dengan perbatasan Kota Kediri dengan Kota Malang Jawa Timur. Bila anda  berkunjung kesini , anda juga bisa memancing.

14). Klenteng Tjoe Bhwie Kiong
Salah satu tempat sakral bagi para umat budha, namun anda juga bisa berkunjung kesini, tempat yang cocok untuk berfoto bersama keluarga maupun teman dengan latar belakang patung buda. Namun bila anda berkunjung kesini sebaiknya tetap ber etika ya gaes, karena klenteng adalah tempat beribadah bagi para umat budha.

15). Wisata Ubalan Wates Kediri
Nah yang terakhir adalah wisata keluarga, yakni destinasi wisata Ubalan, Ubalan sendiri dan biasa warga sebut sebagai Sumber ubalan yang berlokasi di desa Jarak Plosoklaten Kediri. Jika anda mengunjungi tempat ini , anda akan dimanjakan dengan sejuknya kolam renang yang berasal dari air sumber ubalan, selain itu di tempat ini anda juga dapat menaiki perahu bebek bersama keluarga maupun pasangan.



Gimana, indah bukan ? kota kecil kelahiranku yang dipenuhi dengan wisata yang indah. Tentu bila anda datang kesini, dijamin tidak ingin pergi dari kota kecil nan indah ini. Oiya satu lagi, kota kediri juga dikenal dengan keramah tamahan orangya lo. Selain tempat wisata di kediri juga ada tempat belajar bahasa inggris, yang dimana satu kampung bisa bahasa ingris, Yang kini dikenal dunia sebagai Kampung Inggris Pare kediri.

Posting Komentar untuk "15 Destinasi Wisata Terbaik di Kota Kediri, yang Tak Boleh Anda Lewatkan "