Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menganalisa Update Perubahan Algoritma SEO Pencarian Google Search Terbaru

Bagaimana supaya artikel yang ada di dalam blog atau website muncul pada peringkat atas di halaman pertama pada hasil pencarian Google? Sudah banyak yang membahas tips atau cara untuk mewujudkan hal tersebut mulai dari memberi kata kunci pada awal dan akhir artikel, mempelajari keyword, memberi backlink dan masih banyak lagi hal lainnya.

Perubahan algoritma Google lama sampai yang terbaru

Google selalu mengupdate / memperbaharui algoritma pencarian mereka. Beberapa hal di bawah ini adalah pengalaman browsing saya di mana hasil penelusuran/pencariannya merupakan perubahan algoritma Google search dari waktu ke waktu.

Update algoritma pencarian Google terbaru
Mempelajari perubahan algoritma pencarian Google search

Banyak Link

Pada era tahun 1998 sampai tahun 2000an awal, ketika saya browsing di internet kala itu, yang muncul di hasil pencarian Google ada yang berupa website yang memiliki banyak sekali link baik di beranda website atau pada halaman artikelnya.

Apakah hasil pencariannya tepat atau relevan? Menurut saya masih belum pas karena ketika hasilnya saya klik ya itu tadi, banyak link-link di halaman postingan atau homepage websitenya sedangkan konten artikel atau informasi yang saya cari tidak memenuhi kebutuhan saya atau bisa dikatakan kontennya sedikit.

Banyak link di sini maksudnya adalah banyak sekali link biru dalam postingannya contoh ketika saya mencari buku tentang SEO di Google search dan ketika Google memberikan hasil pencariannya lalu saya klik salah satu hasilnya maka di halaman website yang saya tuju itu terdapat banyak link biru seperti ini Buku SEO murah Buku SEO berkualitas Buku SEO dan seterusnya (tentu saja link yang saya buat ini hanya link contoh ya bukan link aktif, hanya huruf atau teks yang diberi garis biru dan warna biru).

Nama Domain

Dahulu kata kunci pada nama domain berpengaruh pada hasil pencarian. Contoh jika mengetik nama toko online maka sangat besar kemungkinan domain tokoonline.com akan muncul di hasil pencarian. Namun saat ini kata kunci pada nama domain sudah tidak berpengaruh banyak. Jika diketik di pencarian Google dengan keyword "toko online" maka yang muncul saat artikel ini ditulis adalah nama domain yang tidak ada kata kunci di dalamnya sama sekali seperti lazada.co.id, tokopedia.com, shopee.co.id, bukalapak.com, jd.id dan lainnya.

Bagaimana nama domain yang tidak memiliki kata kunci di dalamnya bisa muncul di atas di halaman awal pencarian Google? Tentu hal itu di karenakan website-website tersebut menggunakan tehnik SEO (Search Engine Optimization / optimasi mesin pencari).

Catatan, misalkan sebuah website hari ini berada di halaman satu di hasil pencarian, belum tentu di masa yang akan datang tetap berada di posisi yang sama. Banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi, pertama adanya perubahan algoritma Google dan juga penerapan SEO yang dilakukan oleh pengelola website atau blog di mana masing-masing pengelola website atau blog saling berlomba-lomba untuk menempati posisi ranking halaman satu di pencarian Google.

Trik SEO

Beberapa trik atau cara penggunaan SEO agar website atau blog muncul di halaman pertama pencarian di antaranya
- Menulis artikel yang panjang (lebih dari 500 kata)
- Membuat permalink yang panjang
- Menggunakan top level domain (.com, .id, .net dll alias bukan blog gratis misal blogspot.com atau wordpress.com)

Namun ternyata untuk saat ini pemakaian trik SEO di atas itu tidak 100% akan muncul di halaman pencarian.

Dalam pengalaman saya melakukan pencarian di Google, saat-saat sekarang ini sampai artikel ini saya tulis, pernah hasilnya saya menemukan ada sebuah blog gratis blogspot, artikelnya sudah cukup lama diterbitkan, bukan website dengan top level domain, artikel di dalamnya tidak panjang, dan permalinknya juga tidak panjang.

Kesimpulan

Apa yang dapat kita pelajari dari semua hal tersebut di atas?
Selain memprioritaskan faktor SEO, Google ternyata juga tetap memunculkan sebuah blog atau website untuk direkomendasikan/dimunculkan di halaman pertama hasil pencarian selama isi kontennya relevan walau artikelnya tidak panjang, tidak memiliki permalink yang panjang, dan bhkan bukan top level domain alias hanya blog gratis blogspot. 

Apa yang harus kita lakukan sebagai seorang konten kreator / penulis / blogger?
  • Bisa dikatakan tidak semua konten artikel akan abadi tetap di halaman satu pencarian Google dan tetap akan ada di urutan yang itu-itu saja tetapi hasil pencariannya akan selalu naik turun bahkan ada juga website atau blog yang hilang ke halaman hasil pencarian yang lebih dalam. Tetaplah menulis artikel seperti biasa dengan konten original yang bermanfaat untuk pengunjung blog atau website dan biarkan algoritma Google yang bekerja membaca dan memunculkan konten blog atau website kita di hasil pencariannya. Selama konten yang kita tulis berhubungan atau relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna internet dan dirasa oleh Google memang konten itu bermanfaat untuk para pencari / pengguna maka Google akan memunculkan web/blog kita di hasil pencarian.
  • Tetap menggunakan tehnik artikel yang panjang namun juga tidak ada salahnya jika memang artikelnya tidak panjang tetap dipublish. Pengalaman saya, ada artikel di blog ini yang kalimatnya tidak panjang namun lumayan mendapat banyak kunjungan karena direkomendasikan oleh Google karena dianggap relevan oleh Google. Jika artikel Anda saat ini sepi pengunjung, mungkin lain kali akan dimunculkan oleh Google ke hasil pencarian.
Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat ya. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan tuliskan di kolom komentar

Posting Komentar untuk "Menganalisa Update Perubahan Algoritma SEO Pencarian Google Search Terbaru"