Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Backlink yang Perlu Diketahui

Backlink


Manfaat backlink yang perlu diketahui oleh temans semua khususnya Blogger pemula seperti Saya untuk mengelola blog agar semakin ramai kedepannya. Dalam mencari backlink tidak dianjurkan secara serampangan karena nanti pengaruhnya sangat besar terhadap perkembangan blog.

Backlink yang berasal dari blog yang dikategorikan spam oleh Google nantinya akan berpengaruh buruk pada posisi SEO blog. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mencari atau mendapatkan backlink dari blog yang berkualitas menurut pandangan Google. Nah apa sebenarnya yang dimaksud dengan backlink tersebut?

Baiklah temans Pemula, backlink adalah sebuah tautan yang berasal dari blog atau situs lain yang mengarah ke blog kita. Kalau kata lainnya adalah sebagai petunjuk arah yang dipasang di blog lain sehingga pengunjung atau visitor dapat menemukan blog kita ketika sedang berada di blog yang mengandung tautan blog kita tersebut.

Mengapa backlink ini penting sekali untuk diperhatikan? Apa saja manfaat backlink sehingga banyak dari temans Blogger berupaya untuk membangun backlink yang berkualitas? Bagaimana ya cara kerja dari backlink tersebut? Temans, tetaplah menyelesaikan artikel ini untuk mengetahui jawabannya ya.

Cara mendapatkan backlink


Untuk mengetahui bagaimana kiprah backlink untuk memposisikan blog pada SEO yang terbaik, ada baiknya jika sebelumnya kita mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan backlink itu.

Backlink bisa mengarah kepada halaman utama/homepage ataupun juga bisa di halaman artikel. Nah yang perlu diperhatikan saat mencari backlink adalah kualitas dari situs yang akan memberikan backlink, karena ini nantinya sangat berpengaruh terhadap kondisi blog kita kedepannya.

Hindarilah backlink yang berasal dari situs yang diidentifikasikan spam dan sejenisnya oleh Google, dan sebaiknya carilah backlink dari situs-situs yang populer dan berkualitas (Domain authority, Page Authority, Pagerank, dll).

Untuk mendapatkan backlink dari situs-situs populer tersebut, bisa dengan cara menghubungi pemilik situs untuk bersedia memasang backlink ke blog kita, atau juga dengan cara berikut ini yaitu :
  • Blog Comment
  • Forum
  • Artikel Posting
  • Situs Directory
  • Situs Bookmark
  • Dan lain-lain

Backlink tersebut bisa berupa backlink do follow atau no follow. Meskipun keduanya sama-sama merupakan backlink namun akan berbeda di "mata" Google.

Manfaat Backlink


Oke temans Pemula setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan backlink dan bagaimana pula peranan backlink untuk mendongkrak kinerja blog kita, maka sekarang saatnya kita menelaah apa saja manfaat dari backlink tersebut. Tidak perlu berlama-lama, berikut ini adalah manfaat backlink untuk blog yaitu :



1. Menaikkan nilai SEO

Keberadaan dan penerapan SEO (Search Engine Optimization) di blog sangatlah penting, sebagaimana pentingnya backlink terhadap SEO ini. Dengan menerapkan SEO pada blog maka akan bisa mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak yang berasal dari mesin pencari. Silahkan baca juga memahami SEO untuk pemula.

Membangun backlink ini merupakan penerapan SEO off page, yang mana semakin banyak baacklink yang berasal dari blog atau website yang berkualitas maka akan dapat meningkatkan popularitas dari blog itu sendiri. Dengan demikian mesin pencari juga akan lebih merekomendasikan blog kita dihalaman pertamanya.

2. Mendongkrak otoritas blog

Sebuah blog yang mempunyai banyak backlink dari situs berkualitas dan populer maka akan dapat meningkatkan otoritas blog yang berarti bahwa blog kita bermanfaat dan bagus.

Selain itu juga bagus untuk mesin pencari seperti Google sehingga bisa menempatkan blog pada peringkat SEO yang terbaik.

3. Meningkatkan popularitas blog

Semakin banyak link yang mengarah ke blog kita, artinya merek merekomendasikan blog kita kepada pada pengunjungnya. Sehingga dengan demikian maka popularitas blog kita juga akan terdongkrak naik juga. Hal ini semacam iklan gratis gitu ya.

4. Meningkatkan visitor

Dengan adanya backlink yang tertanam pada situs lain artinya situs tersebut merekomendasikan atau mengiklankan blog kita untuk dikunjungi juga oleh visitor situs tersebut.

Jika situs tersebut dikategorikan bagus dan berkualitas oleh Google maka backlink yang kita dapat juga tentunya bagus juga untuk blog kita. Sebaliknya jika situs tersebut kualitasnya buruk atau dianggap spam oleh Google imbasnya juga akan "menyeret"blog kita menjadi buruk juga.

Oleh karena itu dalam mencari backlink sebaiknya berasal dari situs yang bagus, semakin banyak backlink yang didapatkan maka akan dapat menjaring pengunjung yang banyak juga.

5. Sebagai lalu lintas selain mesin pencari

Trafik yang disukai oleh Google adalah trafik yang alami, seperti trafik pengunjung yang berasal dari mesin pencari semacam Google.

Namun dengan adanya backlink dari situs lain maka juga berdampak bagus untuk nilai sebuah blog dimata mesin pencari. Selain itu juga blog akan mendapatkan tambahan jumlah pengunjung yang datang selain dari mesin pencari.

Hal ini juga dapat juga dimanfaatkan untuk saling mengaitkan artikel satu dengan artikel lainnya yang relevan namun berada pada lain situs.

6. Sebagai sarana bersilaturahmi

Nah ini adalah sebagai bonus dalam membangun backlink. Mengapa demikian?

Dalam membangun backlink kita bisa saling mengenal temans Blogger satu sama lain sehingga bisa untuk menambah saudara dan juga untuk menjalin silaturahmi.

Oke temans Pemula, jika memang membangun blog adalah untuk jangka panjang maka tidak ada salahnya untuk mencari backlink yang berkualitas mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Backlink yang Perlu Diketahui"