Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Anti Copas di Blog Valid AMP

Cara Pasang Anti Copas


Copas atau copy paste dalam hal ini adalah kegiatan melakukan duplikat konten dengan cara mengambil isi artikel pada suatu blog untuk diterbitkan pada blog yang lainnya. Nah dengan demikian artinya akan ada dua artikel yang sama persis namun berada pada dua blog yang berbeda. Lalu apa pengaruhnya?

Mungkin bagi blog-blog besar yang cengkraman SEO-nya sudah kuat tertancap di mesin pencari, hal ini tidak begitu berarti karena biasanya meskipun konten artikelnya di copas sana sini tidak akan merubah posisi blog tersebut di mesin pencari.

Namun bagi blog pemula yang masih "pedekate" dengan mesin pencari, kegiatan copas ini sangat bisa membuat degdegan ya karena posisi SEO di mesin pencari juga belum begitu kuat. Nyeseknya lagi kalau blog hasil copas tersebut posisi di search engine malah lebih bagus dari blog aslinya. Sedih kan.

Temans Pemula, artikel pada sebuah blog itu juga merupakan konten yang dihasilkan dengan pemikiran, tenaga, dan waktu. Sesama blogger sebaiknya saling menghargai atas hal tersebut ya, jadi jangan asal copas sana sini untuk mengisi konten pada blog. Ndak baik lho.


Cara Pasang Anti Copas


Nah jika temans Pemula ingin melindungi artikel-artikel yang ada pada blog agar tidak di copas atau istilah lainnya adalah dicuri, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan memasang anti copas pada blog.

Jika sebelumnya cara ini biasa diterapkan pada blog berplatform Blogger non AMP dan banyak yang menggunakannya, lalu bagaimana jika ingin menerapkan anti copas pada blog valid AMP? Jika ingin membangun blog valid AMP bisa menggunakan template valid AMP disini ya.

Baiklah Temans jika saat ini kamu menggunakan blog valid AMP kamu juga bisa memproteksi blog kamu agar artikel-artikelnya tidak bisa di copas ke blog lain. Caranya hampir mirip dengan yang non AMP, dan langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Masuk ke dashboard blogger
  • Pilih tema
  • Cari kode </style> atau juga bisa menggunakan ctrl + f agar lebih mudah dan cepat
  • Setelah ketemu, taruh kode berikut ini tepat diatasnya :


  • /* Pasang Anti Copas CaraPemula*/
    .post-body {-webkit-user-select: none; /* Chrome all / Safari all */ -moz-user-select: none; /* Firefox all */ -ms-user-select: none; /* IE 10+ */ user-select: none; /* Likely future */ }
  • Jangan lupa simpan tema ya

Selesai...

Nah jika semua tahap diatas sudah dilakukan, kini saatnya untuk melakukan uji coba apakah cara pasang anti copas pada blog valid AMP ini berhasil atau tidak. Caranya adalah dengan melakukan blok di area tulisan artikel. Jika tidak bisa di blok, maka blog kamu sudah aman. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Anti Copas di Blog Valid AMP"