Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Agar Blog Ramai Pengunjung

Tips Jitu Agar Blog Ramai Pengunjung . Pastinya bagi sebagian besar Blogger mempunyai keinginan agar blog yang dikelolanya dapat mendatangkan banyak pengunjung yang menyukai artikel-artikelnya.

Apalagi mempunyai pengunjung setia yang banyak jumlahnya serta selalu menunggu artikel-artikel baru segera diterbitkan. Wooww pasti sangat menggembirakan dengan kondisi demikian ya temans.

Banyak yang berangapan bahwa tingginya trafik sebuah blog yang menandakan bahwa dia telah menjadi seorang Blogger yang sukses. Pastinya pemilik blog juga mempunyai rasa kebanggaan tersendiri.

Setiap Blogger pasti mempunyai trik-trik atau kiat tersendiri dalam mengembangkan blognya. Dari gaya penulisan artikel, gaya berpromosi, dan sebagainya, hingga mampu mendatangkan banyak pengunjung blog.

Namun temans perlu ketahui bahwa blog yang memiliki trafik yang tinggi itu tidak datang secara tiba-tiba atau datang begitu saja. Pasti dibaliknya ada sebuah kerja keras dari pemilik blog dalam mengembangkannya.

Blog dengan jumlah pengunjung yang banyak dan stabil akan membawa keuntungan sendiri bagi pemiliknya, terlebih jika blog tersebut telah dimonetisasi. Silahkan baca juga cara mempersiapkan blog untuk mendapatkan penghasilan.

Ada banyak faktor mengapa sebuah blog mempunyai jumlah pengunjung yang sangat banyak, diantaranya adalah karena konten artikelnya yang dirasa sangat bermanfaat bagi pengunjungnya, loading blog yang ringan dan cepat, topik artikel-artikelnya yang tidak basi, dan masih banyak lagi.

Besar kesempatan sebuah blog mendapatkan banyak pengunjung jika blog tersebut mampu dan sering bertengger dihalaman pertama mesin pencari pada kata pencarian tertentu.

Secara sadar maupun tidak, halaman pertama inilah yang nantinya menjadi ajang kompetisi bagi sesama Blogger dalam menjaring pengunjung atau visitor blog.


Cara Agar Blog Ramai Pengunjung


Pengunjung blog yang berasal dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, Ask, Baidu disebut sebagai pengunjung organik. Pengunjung organik ini adalah visitor blog terbaik dan dapat membuat dampak baik pula untuk sebuah blog.

Oleh karena itu para Blogger berlomba-lomba untuk bisa menjaring sebanyak-banyaknya pengunjung yang berasal dari mesin pencari, caranya adalah bisa menempati halaman pertama mesin pencarian.

Dan saat ini mesin pencari Google adalah mesin pencari terbaik yang menjadi favorit dari para pengguna internet di belahan dunia ini.

Jika temans Pemula menginginkan blognya ramai pengunjung, terlebih pengunjung organik, maka bisa menerapkan cara-cara seperti dibawah ini :

1. Unik

Unik disini dalam artian bahwa pada blog tersebut berisikan tentang hal-hal yang jarang atau bahkan tidak ada Blogger yang membahasnya sebelumnya.

Dan jika tema unik tersebut ternyata banyak yang membutuhkan atau banyak yang mencari maka secara otomatis pengunjung akan "diarahkan" menuju blog tersebut. Dengan hanya membahas pada satu topik unik akan menjadikan nilai lebih tersendiri dibandingkan jika membahas banyak topik atau gado-gado.

2. Berisikan artikel yang bermanfaat dan original

Dalam membangun sebuah blog, pertama yang perlu diperhatikan adalah menentukan tema dari blog tersebut. Dengan mengusung tema artikel yang bermanfaat dan original (ide menulis sendiri, bukan asal copas), dan pembaca/pengunjung merasa terbantu atau tercerahkan atas artikel tersebut, maka tidak menutup kemungkinan dia akan menjadi pengunjung yang setia.

Artikel yang berbobot, memiliki solusi atas suatu permasalahan dan dipadukan dengan originalitas penulisan berdasarkan pengalaman akan memberikan daya pikat tersendiri.

Artikel yang evergreen atau tidak ada masa kadaluwarsa akan lebih panjang "usia" dibandingkan dengan artikel yang sedang viral atau temporari. Artikel evergreen yang akan selalu dicari semisal tentang kesehatan seperti cara mengatasi jerawat, cara diet yang sehat, dll.

3. Menyajikan artikel yang fresh

Blog yang memuat artikel dengan topik pembahasan yang sudah kadaluwarsa pasti akan segera ditinggalkan oleh pengunjungnya.

Oleh karena itu buatlah artikel-artikel yang fresh secara rutin dan konsisten agar pengunjung blog tidak bosan dalam mendatangi blog kamu.

Kamu juga bisa mengedit tulisan yang sekiranya sudah "basi" agar artikel tersebut bisa dibilang tidak "ketinggalan jaman".

4. Bagikan artikel

Hal selanjutnya yang bisa temans lakukan adalah langkah promosi blog. Langkah ini bisa dengan cara membagikan artikel pada sosial media yang kamu miliki, agar teman kamu yang penasaran dengan isi artikel tersebut bisa langsung berkunjung ke blog kamu.

Agar blog bisa dikenal secara luas, kamu bisa memanfaatkan sosial media yang populer yang banyak digunakan oleh teman dan kerabat, seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau juga grup komunitas seperti WA grup, dan lain sebagainya untuk memperkenalkan blog kamu.

Selain itu kamu juga bisa membagikan artikel atau share blog kamu menggunakan jasa sponsor berbayar.

Jika blog sudah dikenal secara luas, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi lonjakan trafik pengunjung blog.

5. Menerapkan SEO

SEO atau Search Engine Optimization yang artinya optimasi pada mesin pencari agar bisa mendapatkan peringkat terbaik pada mesin pencari.

Ini seperti yang sedikit telah kita bahas diatas, bahwa blog yang hampir selalu berada pada halaman pertama mesin pencari seperti Google akan berpeluang menjaring pengunjung lebih banyak daripada yang tidak mendapatkan peringka sama sekali.untuk mendapatkan peringkat terbaik.

Mempunyai ciri khas dan mudah diingat


Manusia tak bisa luput dari lupa meskipun kadar lupa sangatlah sedikit. hubungannya apa antara lupa dengan jumlah pengunjung blog? hehehe.

Blog pada platform gratisan seperti Blogspot dan Wordpress akan mempunyai alamat blog yang panjang. Untuk itu kita perlu mempunyai ciri khas blog itu agar mudah diingat.

Caranya adalah dengan melakukan kustom domain sehinga domain blog lebih pendek yang dampaknya adalah akan mudah diingat oleh pengunjung.

Nah temans Pemula, demikianlah sedikit tips agar blog ramai pengunjung yang bisa diterapkan pada blog temans sekalian. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Jitu Agar Blog Ramai Pengunjung "