Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Terbaru Submit URL ke Google Webmaster

Cara terbaru submit URL ke Google Webmaster yang tentunya berbeda jika dibandingkan dengan saat menggunakan old version, namun akan terasa mudah jika sudah terbiasa. Segala sesuatu pasti awalnya, dan sesuatu yang baru akan terasa menyenangkan jika kita mau mempelajarinya.

Termasuk juga untuk keperluan submit URL postingan blog. Mengapa harus repot-repot untuk submit URL artikel sih?

Memang bisa saja kita tidak submit URL postingan ke Google Webmaster, namun hal tersebut tidak dilakukan oleh para master atau sesepuh dunia per-blogging-an. Jadi dengan kata lain submit URL ini sangat penting untuk dilakukan. Silahkan baca juga cara menambahkan gambar pada artikel agar valid AMP.


Mengapa harus submit URL ke Google Webmaster?


Manfaat dan keuntungan bagi blogger tatkala melakukan submit URL artikel ke Google Webmaster adalah agar artikel dapat terindex oleh mesin pencari Google dengan lebih cepat.

Tentunya kamu tidak mau kan kalau sudah capek-capek menerbitkan artikel yang bagus dan berbobot namun mesin telusur Google tidak mengenalinya. Lalu bagaimana jika semua artikel pada sebuah blog tidak dikenali oleh mesin pencari raksasa seperti Google?

Pastinya jumlah pengunjung atau visitor sangatlah sedikit, karena trafik organik yang bagus berasal dari mesin telusur/pencari.

Nah, berangkat dari situlah menjadi alasan mengapa kita harus melakukan submit URL artikel blog ke Google Webmaster.

Cara Terbaru Submit URL ke Google Webmaster


Saya pribadi memang masih nyaman menggunakan Google console versi yang lama, mungkin karena sudah terbiasa. Namun mau tidak mau juga harus menyesuaikan dengan perubahan untuk terbiasa menggunakan yang versi baru.

Cara sederhana submit URL pada Google console versi lama adalah dengan cara menggunakan fitur fetch as google.

Jadi analoginya kita "mengirimkan pesan" kepada Google bahwa kita telah menerbitkan artikel dengan perantara fetch as google ini.

Ketika Google sudah menerima pesan kita, maka jika ada orang yang bertanya pada Google dan kebetulan relevan dengan artikel yang kita buat, maka Google akan merekomendasikan kepada penanya tersebut untuk mengunjungi blog kita.

Namun fetch as google ini adalah cerita lalu, karena sekarang Google console sudah mengeluarkan versi baru dan kita tidak bisa menemukan fetch as google lagi. Silahkan baca juga cara membuat sitemap valid AMP.

Baiklah, meskipun fetch as Google sudah tidak ada lagi, namun sepertinya Google mempermudah pengguna di versi baru ini. Untuk melakukan submit URL artikel kamu bisa menggunakan menu Inspeksi URL/URL Inspecsion. Adapun langkah-langkah untuk submit URL ke Google webmaster adalah sebagai berikut :


  • Buka Google webmaster tools, jika yang terbuka masih versi lama kamu bisa klik menu untuk beralih ke yang versi baru
  • Pilih Inspeksi URL
  • Masukkan URL untuk dikirimkan
  • Kemudian tekan Enter
  • Klik Minta Pengindexan
  • Selesai

Nah ternyata submit URL ke Google webmaster versi baru sangat mudah untuk dilakukan ya, meskipun masih pemula. Agar artikel bisa terindex dengan cepat, maka setiap kali menerbitkan artikel langsung juga submit URL-nya ke Google webmaster. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Terbaru Submit URL ke Google Webmaster"