Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Sidebar Widget Pada Blog AMP

Cara menambahkan sidebar widget pada blog AMP memang berbeda jika dibandingkan dengan blog non AMP. Jika menambahkan sidebar widget pada blog AMP menggunakan cara pada umumnya maka akan berakibat blog menjadi error atau invalid AMP. Tidak percaya? Silahkan bisa di coba sendiri di rumah ya hehee..

Teman, adalah mudah jika segala sesuatu hal sudah diketahui caranya. Namun sebaliknya akan terasa sulit jika suatu hal tersebut kita belum mengerti caranya, meskipun sebenarnya itu mudah.

Sidebar Widget


Sama seperti Saya yang berkeinginan untuk menambahkan sebuah sidebar widget di blog ini, yang terjadi adalah invalid AMP. Kebetulan Saya sudah memasang extension AMP Validator di browser Chrome, jadi jika terjadi kesalahan maka otomatis akan menyala merah.


Sebagai pemula tahu lah ya betapa pusingnya Saya akan kejadian hal tersebut. Yup namanya juga pemula, namun karena rasa ingin tahu yang besar akhirnya menemukan jawabannya juga.

Untung banyak senior-senior blogger yang tidak pelit ilmu dan membagikan ilmu tersebut secara gratis, sehingga kita-kita yang pemula ini jadi sangat terbantu. Silahkan baca juga Cara mudah membuat halaman sitemap valid AMP.

Bagi teman-teman yang belum memasang extension AMP Validator di browser Chrome sangat dianjurkan untuk segera memasangnya ya. Karena dengan memasangnya kita bisa langsung memantau validitas AMP blog kita setiap menerbitkan artikel baru, menambahkan sidebar widget, atau melakukan edit HTML.

Cara Menambahkan Sidebar Widget Pada Blog AMP


Nah, jika teman-teman yang sedang membuat blog AMP dan menemukan kendala yang sama seperti Saya dalam hal menambahkan sidebar widget bisa melakukan seperti yang Saya lakukan.

Hanya perlu menghapus kode HTML yang berada pada grup widget yang di buat. Adapun langkah selengkapnya dalam meanmbah siderbar widget adalah sebagi berikut :
  • Masuk pada dashboard blogger
  • Pilih layout atau tata letak
  • Tambahkan widget / add a widget


  • Pilih HTML
  • Untuk mempermudah pencarian, berilah nama widget tersebut terlebih dahulu

Nah tahap pembuatan widget baru sudah selesai. Jika ini langsung diterbitkan maka AMP Validator akan menyala merah pertanda ada error alias invalid AMP. Untk mengatasinya adalah dengan cara sebagai berikut :
  • Masuk dashboard blogger
  • Pilih theme atau tema
  • Kemudian pilih edit HTML
  • Gunakan CTRL+F untuk mencari nama widget yang tadi telah kita buat
  • Jika sudah ketemu, kemudian cari kode berikut pada grup widget yang di buat tadi :

<b:include name='quickedit'/>

  • Hapus kode tersebut
  • Simpan template

Dengan demikian widget sudah sepenuhnya berhasil ditambahkan. Untuk cek hasilnya silahkan buka blog, maka AMP Validator akan menyala hijau pertanda blog valid AMP. Silahkan baca juga cara menyisipkan gambar di artikel blog AMP.

Cukup mudah bukan menambahkan sidebar widget pada blog AMP? Nah kini kamu bisa berkreasi seunik mungkin di blog kamu tanpa harus menghadapi invalid AMP. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Sidebar Widget Pada Blog AMP"