11 Daftar Teknik SEO Terbaru 2019 [On Page & Off Page] NEW UPDATE!!!
11 Daftar Teknik SEO 2019 Terbaru [On Page & Off Page] ini merupakan terobosan list tips/trik yang saya buat berdasarkan pengalaman pribadi. Kalian boleh mengikuti atau tidak karena saya akui bahwa banyak faktor lain pula yang mempengaruhi, dimana daftar-daftar ini bisa jadi adalah keberuntungan semata. Namun tidak afdol jika saya tidak membagikannya karena ternyata daftar ini memang terbukti ampuh dan membuat postingan / artikel blog saya berada di peringkat pertama mesin pencari (google, yahoo, bing, yandex, baidu, dll).
Untuk melanjutkan membaca postingan ini, saya harap sebelumnya membaca Prediksi Tren SEO 2019 agar kalian mudah memahami postingan ini.
Semoga dengan 11 Daftar Teknik SEO Terbaru 2019 ini dapat membuat postingan / artikel blog kalian dapat berada di halaman pertama / page one mesin pencari Google, Bing & Yahoo!, dan lainnya. Aminnnnn! Mari kita sama-sama belajar SEO !!
1. Optimasi Struktur Data Template
Struktur data html template yang baik berguna untuk mempermudah robot mesin pencari merayapi / membaca skema data yang kalian terapkan dalam template. Dengan begitu skema struktur template blog / website perlu dibenahi dan ditata sesuai aturan yang berlaku.
Salah satu contoh skema struktur data template yang baik adalah gambar postingan muncul di halaman pencarian google via mobile.
Untuk melakukan pembenahan skema template yang SEO friendly, kalian bisa menemukan tutorialnya di webmaster google atau schema.org.
2. Template Harus User Friendly
Website / blog yang User friendly disukai oleh banyak pencari info dan juga mesin pencarian. Karena kenikmatan dan kenyamanan dalam membaca konten-konten kita adalah wajib hukumnya. Sangat disayangkan jika tulisan yang ditulis telah menghabiskan banyak waktu atau tulisan yang seharusnya bermanfaat malah ditutup oleh banner iklan yang mengganggu, sehingga pengunjung jadi malas dan dengan cepat pergi meninggalkan situs kita tanpa dibaca.
Beberapa hal yang dapat menjadikan template situs kita dianggap User Friendly:
3. Menciptakan Konten Artikel yang Berkualitas
Berkualitas bisa diartikan bernilai tinggi. Contohnya seperti kita mengerjakan soal essay. Apabila jawaban kita dianggap sesuai dengan soal yang diajukan dan memuaskan, maka kita akan mendapat nilai sempurna. Begitulah kurang lebihnya yang dimaksud dengan artikel yang berkualitas.
Ciri-ciri artikel yang berkualitas, diantaranya adalah sebagai berikut:
Taukah kalian bahwasanya Google baru-baru ini menjadikan model "BERT" (Bidirectional Encoder Representations Transformers) pada robot AI-nya dalam menampilkan hasil di halaman pencariannya. Tujuan dibuat BERT agar apa yang ditampilkan di SERP, sesuai dengan keinginan para pencari info di Google Search. Apa yang saya tangkap, sistemnya hampir sama dengan situs forum / tanya jawab. Namun pastinya tidak akan mengecewakan para pencari info dengan jawaban-jawaban yang ditampilkan di SERP.
Lalu, bagaimana caranya membuat konten atau artikel yang cocok dengan BERT? Jawabannya ya harus membuat artikel yang berkualitas, beberapa triknya sudah saya jabarkan di atas.
4. Tambahkan dan SEO-kan Gambar
Yang pasti gambar harus jelas dan sesuai dengan topik yang dibahas. Sertakan alt=" " dan title=" " pada gambar sesuai dengan visual gambar, dan jangan lupa perkecil size gambar agar tidak membuat loading situs menjadi lemot. Untuk selengkapnya, kalian dapat membacanya pada 6 Cara Membuat Gambar SEO.
Manfaat lain dengan memberikan gambar adalah untuk mengurangi tingkat bounce rate. Beberapa pakar SEO masih menganggap bahwa semakin kecil angka (persen) bounce rate maka situs dianggap SEO. Namun, sayangnya Google tidak menganggap angka bounce rate sebagai sinyal peringkat. Alasan Google tidak menganggap bounce sebagai sinyal SEO karena banyak pelaku SEO menyalahgunakannya dengan memasukkan banyak keyword stuffing, spam keyword, basa-basi, dan menjajali banyak gambar yang seharusnya tidak perlu ke dalam sebuah konten.
5. Menambah Jumlah Postingan
Gampangnya begini. Jika postingan pertama, kedua, dan ketiga tidak berada di halaman pertama mesin pencari, maka postingan keempat, kelima, dan seterusnya kemungkinan bisa berada di halaman pertama mesin pencari. Ini bukan unsur "bejo", karena kenyataan yang sering terjadi memang seperti itu. Alasannya, dengan seringnya kita posting maka tulisan kita berikutnya akan lebih profesional daripada sebelum-sebelumnya.
Pihak Google pun juga menyarankan kepada para publisher untuk fokus posting. Baca dan lihat gambarnya di bawah ini:
Jadi, daripada terlalu sibuk mengurus domain expired untuk dihidupkan kembali (domain zombie) dan sering membuka angka pendapatan akun publisher yang tidak jelas bertambah, alangkah baiknya terus-teruslah posting (tanpa menghilangkan kualitas tulisan & bukan copy paste).
6. Membuat Internal Link
Jangan anggap remeh internal link, karena ternyata memang ampuh dalam mendongkrak peringkat SERP artikel yang di tuju dan artikel yang memberi link. Istilah lain internal link adalah backlink antar artikel milik situs itu sendiri.
Namun perlu diingat bahwa jangan sampai tulisan dalam satu halaman adalah link semua. Bukannya baik, teknik SEO On Page ini malah jadi dianggap buruk. Buatlah internal link seperlunya saja. Seandainya ingin menyematkan banyak internal link, maka kalian harus wajib menulis kata yang banyak pula.
7. HTTPS
Saat ini domain ber-HTTPS diberi penilaian plus oleh mesin pencari, khususnya Google. Makanya, platform blogger diberi menu on/off HTTPS untuk custom TLD dan subdomain blogspot.
HTTPS diyakini dapat mengamankan identitas pengguna dalam pembuatan akun dan password, sehingga para peretas sulit membobol akun pengguna untuk kejahatan. Namun saya yakin bahwa tidak ada sistem yang aman, sehingga sehebat apapun mesin buatan manusia pasti tetap ada celahnya untuk diterobos atau dirusak.
Tentang manfaat yang diperoleh dalam mengaktifkan pengaman SSL/HTTPS, kalian bisa baca di Manfaat Menggunakan HTTPS.
8. Promosi
Banyak jalan menuju roma, begitu juga jalur promosi. Kita bisa menggunakan banyak platform untuk mempromosikan produk (blog) ke khalayak umum.
Apakah kalian tahu manfaat dari promosi sebenarnya? Kenapa merek terkenal seperti Google, Samsung, Windows, dan lainnya, masih menerapkannya hingga sekarang?
Tujuan utama promosi adalah agar produk usahanya laku terjual hingga menghasilkan laba (keuntungan). Namun di sisi lain, promosi memiliki manfaat terbesar, yaitu BRANDING. Karena efek branding yang kuat membuat orang mencari info di mesin pencari dengan sekaligus memasukkan merek yang sudah brand tersebut.
Saya beri contoh sebuah keyword (kata kunci) yang memasukkan brand sebuah merek:
"beli sepatu di tokopedia"
Lihat kata yang saya tebalkan, disitu ada merek tokopedia (sebuah situs platform jual beli online terkenal di Indonesia) yang dimasukkan ke dalam kata kunci pencarian. Kalian bisa simpulkan bahwa promosi memiliki efek SEO off page yang besar (tanpa mengurangi kualitas produk dan kenyamanan pengguna).
Jika kalian ingin lewat jalur online, google adwords, sosial media, blogwalking, dan forum online merupakan jalur terbaik untuk melakukan promosi. Namun jika ingin lewat media elektronik (non online), kalian bisa beriklan di televisi.
Kita tau bahwa beriklan di televisi bisa menghabiskan berjuta bahkan ratusan juta rupiah untuk sekali iklan. Karena memang budget pas-pasan jalur online adalah jalur yang wajib kalian tempuh.
Dalam artikel ini saya tidak memberikan cara berpromosi yang ampuh/baik via online, karena di sini saya hanya ingin memberikan garis besarnya atau umumnya saja. Untuk secara khusus dan teknik akan saya bahas pada lain waktu.
9. Backlink
Backlink yang terbaik adalah dari situs kita sendiri. (Internal Link) - Admin
Namun apa daya bahwa umur blog masih seumur jagung. Perlu asupan gizi dan bantuan pihak lain untuk menyokong blog baru kita. Dengan begitu butuh gizi dan sokongan dengan mencari backlink dari situs berotoritas tinggi.
Saya sarankan untuk menanamkan pada situs yang memiliki DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) dengan angka tinggi, karena situs yang ber-DA dan PA tinggi sudah dipastikan bahwa otoritasnya juga tinggi.
Baca Juga:
Namun ternyata beberapa situs ber-DA dan PA tinggi memiliki angka SPAM. Nah, untuk menghindari situs yang memiliki angka SPAM tinggi, kita dapat mengeceknya dengan tools yang dibuat oleh MOZ. Kalian bisa mengunjungi Open Site Explorer [check MOZ] untuk lebih jelasnya.
Ada yang bilang bahwa tahun ini backlink tidak perlu dicari lagi, saya sependapat juga karena faktanya beberapa blog yang saya build tanpa mencari backlink bisa berada di puncak atau halaman pertama, dengan syarat: submit ke webmaster dan saingan keywordnya sedikit.
Jadi, antara backlink perlu atau tidak ini masih jadi misteri. Untuk jelasnya kalian bisa bereksperimen sendiri.
10. Submit ke Webmaster
Untuk submit ke webmaster setiap search engine jelas sangat dianjurkan!!! Karena hal ini dilakukan agar memudahkan atau membantu artikel baru dan lama yang di edit mudah terindeks mesin pencari.
Baca Juga:
11. Hapus Sementara Semua Tentang SEO
Ketika kalian mencoba menulis pos sambil memikirkan SEO, maka tak hayal apabila tulisan tersebut menjadi tidak layak untuk dibaca dan cenderung tak bernyawa.
Coba ingat kembali tulisan awal kalian, lihat berapa trafik yang kalian dapat dari tulisan itu. Saya yakin bahwa tulisan itu mendapatkan banyak trafik / lalu lintas kunjungan.
Hal itu terjadi karena hati kalian saat itu sedang bahagia sehingga tulisan tersebut juga bernyawa. Dan saya akui juga pasti isi konten tersebut banyak basa-basi di dalamnya, namun basa-basi tersebut ternyata mengandung sejumlah kata kunci terkait sehingga mesin pencari menyukainya dan meletakkan tulisan kalian di posisi terbaik SERP.
Jadi, tidak ada salahnya jika kalian menulis kembali dengan hati bahagia dan kesampingkan dahulu pikiran tentang SEO.
Baca juga:Update Algoritma Inti Google 2019 Maret / Florida 2
Masih kurang? Kalian bisa surfing ke situs lain kok.
Tulisan ini akan selalu diupdate hingga tahun-tahun mendatang. Semoga postingan ini bermanfaat dan menambah wawasan mengenai teknik SEO apa yang harus dilakukan. Ke-11 daftar ini adalah teknik White SEO di tahun 2019.
SEO (Search Engine Optimization) adalah seni, dimana seni tersebut hanya orang tertentu atau dirinya sendiri yang paham dengan kreasi itu.
Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dibagikan kepada khalayak umum tanpa basa-basi.
Untuk melanjutkan membaca postingan ini, saya harap sebelumnya membaca Prediksi Tren SEO 2019 agar kalian mudah memahami postingan ini.
Semoga dengan 11 Daftar Teknik SEO Terbaru 2019 ini dapat membuat postingan / artikel blog kalian dapat berada di halaman pertama / page one mesin pencari Google, Bing & Yahoo!, dan lainnya. Aminnnnn! Mari kita sama-sama belajar SEO !!
[SEO On Page]
1. Optimasi Struktur Data Template
Struktur data html template yang baik berguna untuk mempermudah robot mesin pencari merayapi / membaca skema data yang kalian terapkan dalam template. Dengan begitu skema struktur template blog / website perlu dibenahi dan ditata sesuai aturan yang berlaku.
Untuk melakukan pembenahan skema template yang SEO friendly, kalian bisa menemukan tutorialnya di webmaster google atau schema.org.
2. Template Harus User Friendly
Website / blog yang User friendly disukai oleh banyak pencari info dan juga mesin pencarian. Karena kenikmatan dan kenyamanan dalam membaca konten-konten kita adalah wajib hukumnya. Sangat disayangkan jika tulisan yang ditulis telah menghabiskan banyak waktu atau tulisan yang seharusnya bermanfaat malah ditutup oleh banner iklan yang mengganggu, sehingga pengunjung jadi malas dan dengan cepat pergi meninggalkan situs kita tanpa dibaca.
Beberapa hal yang dapat menjadikan template situs kita dianggap User Friendly:
- Mobile Friendly - Bersyukurlah jika template situs kalian sudah Mobile friendly (cocok untuk semua perangkat mobile). Tidak hanya pengunjung saja yang suka, karena google pun menyukainya dan akan menambah nilai plus bagi situs tersebut. Sehingga membuat peringkat postingannya terangkat ke atas bahkan sampai nomor satu di mesin pencari. Sebenarnya tampilan yang responsive juga termasuk ke dalam mobile friendly, jadi jangan dirubah lagi jika template kalian sudah responsif.
- Fast Loading - Semakin cepat dibuka/diakses maka makin disenangi. Proyek AMP salah satu contoh dan rekomendasi untuk membuat loading situs kalian cepat dan Mobile Friendly. Akui saja jika kalian membuka situs yang lemot maka akan menutupnya dan mencari informasi di situs sebelah. Hindari script yang tidak bermanfaat terutama script pihat ketiga (di luar hosting) yang menjadikan loadinya semakin lemot, dan jangan lupa minimalkan size gambar postingan. Baca juga: Kecepatan Situs Menentukan Peringkat SERP Google di Mobile
- Tidak Menggunakan Pop Under - Saya akui banyak publisher yang menggunakan pop under/ads untuk mencari uang dari blognya. Namun akhir-akhir ini pop under dianggap tidak baik oleh google, karena mengganggu pembaca dalam mencari informasi. Pop Under memang sangat menyebalkan, jadi jangan membuat kesal pengunjung dengan tampilan yang mendadak seperti penggunaan Pop Under. Nanti malah gagal gajian karena situs kalian dihafali buruk dan tidak diminati lagi oleh pengunjung.
- Tidak Memasang Banner Iklan yang Mempersulit Pembaca - Pembaca datang mengunjungi situs kalian karena membutuhkan informasi/jawaban sesuai dengan keyword yang digunakan. Jika pembaca menemukan situs kalian dalam keadaan penuh dengan banner iklan bahkan sampai menutup isi konten dan tidak dapat diclose, maka jangan kaget jika tiba-tiba peringkat postingan blog kalian menurun dan hilang dari serp.
- Navigasi yang Baik - Navigasi tidak hanya tertuju pada menampilkan menu (about-contact-privacy-category) yang disediakan pada halaman web/blog kalian. Navigasi juga terletak pada link yang dibuat. Jika link yang dibuat ternyata rusak/error, maka hal ini juga dapat memicu menurunnya kualitas kalian dalam mengurus situs. Kalian bisa mengecek broken link dengan menggunakan tools online gratis dari banyak situs. Benahi link-link yang rusak agar kepengurusan kalian diakui oleh pengunjung dan bot perayap mesin pencari.
3. Menciptakan Konten Artikel yang Berkualitas
Berkualitas bisa diartikan bernilai tinggi. Contohnya seperti kita mengerjakan soal essay. Apabila jawaban kita dianggap sesuai dengan soal yang diajukan dan memuaskan, maka kita akan mendapat nilai sempurna. Begitulah kurang lebihnya yang dimaksud dengan artikel yang berkualitas.
Ciri-ciri artikel yang berkualitas, diantaranya adalah sebagai berikut:
- Sesuai Topik - Jika tulisan kalian keluar dari topik dan malah menjerumus ke hal-hal yang negatif, maka tak jarang tulisan kalian dianggap buruk dan malah dibenci. Melakukan clickbait sebenarnya tak apa, asalkan kontennya sesuai dengan judul yang ingin kalian terapkan. Setidaknya clickbait tersebut tidak dijerumuskan ke hal-hal negatif, seperti: provokatif atau p*rn*grafi. Pastinya kalian butuh pengunjung untuk mendapatkan uang untuk kelangsungan hidup, jika uang yang dicari. Makanya jangan keluar topik pembahasannya. (Keyword Relevan)
- Original - Asli buatan sendiri, bukan hasil mencuri atau copy paste. Copy paste hanya memperburuk citra kita dimata pembaca dan bahkan hasil copy paste tersebut dianggap buruk oleh mesin pencari karena dianggap ilegal dan curang. Keoriginalan membuat kita semakin pandai dalam merangkai tulisan yang baru dan disukai pembaca.
- Unik - Beda dari yang lain. Bisa saja topiknya sama, tapi berbeda dalam menyampaikannya. Misalkan saja blogger lain menuliskan tanpa memakai gambar, namun kalian menggunakan banyak gambar dalam menuangkan konten yang unik.
- Bisa Dibaca - Yang ini sudah sangat jelas sekali, bukan? Akibat kalian menggunakan pilihan font yang aneh-aneh sehingga malah tidak bisa dibaca.
- Menjawab atas Pertanyaan Pencari Info - Pencari info biasa menuliskan keyword dalam kolom pencarian search engine. Jika situs kalian sesuai dengan apa yang mereka cari, maka bisa dipastikan bahwa situs kalian berguna dan bermanfaat. Baca juga: Cara Mencari Ide Menemukan Keyword yang Relevan/Terkait.
- Menginspirasi - Tidak semua penulis dapat menginspirasi para pembaca. Saya akui bahwa saya pun juga tidak dapat melakukannya. Namun, saya pernah menemukan sebuah postingan yang sangat menginspirasi bagi saya pribadi. Postingan itu membuat saya semakin senang dalam melakukan aktivitas blogging. Akan tetapi saya lupa postingan siapa itu, karena daya ingat saya sepertinya memang lemah.
Taukah kalian bahwasanya Google baru-baru ini menjadikan model "BERT" (Bidirectional Encoder Representations Transformers) pada robot AI-nya dalam menampilkan hasil di halaman pencariannya. Tujuan dibuat BERT agar apa yang ditampilkan di SERP, sesuai dengan keinginan para pencari info di Google Search. Apa yang saya tangkap, sistemnya hampir sama dengan situs forum / tanya jawab. Namun pastinya tidak akan mengecewakan para pencari info dengan jawaban-jawaban yang ditampilkan di SERP.
Lalu, bagaimana caranya membuat konten atau artikel yang cocok dengan BERT? Jawabannya ya harus membuat artikel yang berkualitas, beberapa triknya sudah saya jabarkan di atas.
4. Tambahkan dan SEO-kan Gambar
Yang pasti gambar harus jelas dan sesuai dengan topik yang dibahas. Sertakan alt=" " dan title=" " pada gambar sesuai dengan visual gambar, dan jangan lupa perkecil size gambar agar tidak membuat loading situs menjadi lemot. Untuk selengkapnya, kalian dapat membacanya pada 6 Cara Membuat Gambar SEO.
Manfaat lain dengan memberikan gambar adalah untuk mengurangi tingkat bounce rate. Beberapa pakar SEO masih menganggap bahwa semakin kecil angka (persen) bounce rate maka situs dianggap SEO. Namun, sayangnya Google tidak menganggap angka bounce rate sebagai sinyal peringkat. Alasan Google tidak menganggap bounce sebagai sinyal SEO karena banyak pelaku SEO menyalahgunakannya dengan memasukkan banyak keyword stuffing, spam keyword, basa-basi, dan menjajali banyak gambar yang seharusnya tidak perlu ke dalam sebuah konten.
5. Menambah Jumlah Postingan
Gampangnya begini. Jika postingan pertama, kedua, dan ketiga tidak berada di halaman pertama mesin pencari, maka postingan keempat, kelima, dan seterusnya kemungkinan bisa berada di halaman pertama mesin pencari. Ini bukan unsur "bejo", karena kenyataan yang sering terjadi memang seperti itu. Alasannya, dengan seringnya kita posting maka tulisan kita berikutnya akan lebih profesional daripada sebelum-sebelumnya.
Pihak Google pun juga menyarankan kepada para publisher untuk fokus posting. Baca dan lihat gambarnya di bawah ini:
Jadi, daripada terlalu sibuk mengurus domain expired untuk dihidupkan kembali (domain zombie) dan sering membuka angka pendapatan akun publisher yang tidak jelas bertambah, alangkah baiknya terus-teruslah posting (tanpa menghilangkan kualitas tulisan & bukan copy paste).
6. Membuat Internal Link
Jangan anggap remeh internal link, karena ternyata memang ampuh dalam mendongkrak peringkat SERP artikel yang di tuju dan artikel yang memberi link. Istilah lain internal link adalah backlink antar artikel milik situs itu sendiri.
Namun perlu diingat bahwa jangan sampai tulisan dalam satu halaman adalah link semua. Bukannya baik, teknik SEO On Page ini malah jadi dianggap buruk. Buatlah internal link seperlunya saja. Seandainya ingin menyematkan banyak internal link, maka kalian harus wajib menulis kata yang banyak pula.
7. HTTPS
Saat ini domain ber-HTTPS diberi penilaian plus oleh mesin pencari, khususnya Google. Makanya, platform blogger diberi menu on/off HTTPS untuk custom TLD dan subdomain blogspot.
HTTPS diyakini dapat mengamankan identitas pengguna dalam pembuatan akun dan password, sehingga para peretas sulit membobol akun pengguna untuk kejahatan. Namun saya yakin bahwa tidak ada sistem yang aman, sehingga sehebat apapun mesin buatan manusia pasti tetap ada celahnya untuk diterobos atau dirusak.
Tentang manfaat yang diperoleh dalam mengaktifkan pengaman SSL/HTTPS, kalian bisa baca di Manfaat Menggunakan HTTPS.
[SEO Off Page]
8. Promosi
Banyak jalan menuju roma, begitu juga jalur promosi. Kita bisa menggunakan banyak platform untuk mempromosikan produk (blog) ke khalayak umum.
Apakah kalian tahu manfaat dari promosi sebenarnya? Kenapa merek terkenal seperti Google, Samsung, Windows, dan lainnya, masih menerapkannya hingga sekarang?
Tujuan utama promosi adalah agar produk usahanya laku terjual hingga menghasilkan laba (keuntungan). Namun di sisi lain, promosi memiliki manfaat terbesar, yaitu BRANDING. Karena efek branding yang kuat membuat orang mencari info di mesin pencari dengan sekaligus memasukkan merek yang sudah brand tersebut.
Saya beri contoh sebuah keyword (kata kunci) yang memasukkan brand sebuah merek:
"beli sepatu di tokopedia"
Lihat kata yang saya tebalkan, disitu ada merek tokopedia (sebuah situs platform jual beli online terkenal di Indonesia) yang dimasukkan ke dalam kata kunci pencarian. Kalian bisa simpulkan bahwa promosi memiliki efek SEO off page yang besar (tanpa mengurangi kualitas produk dan kenyamanan pengguna).
Jika kalian ingin lewat jalur online, google adwords, sosial media, blogwalking, dan forum online merupakan jalur terbaik untuk melakukan promosi. Namun jika ingin lewat media elektronik (non online), kalian bisa beriklan di televisi.
Kita tau bahwa beriklan di televisi bisa menghabiskan berjuta bahkan ratusan juta rupiah untuk sekali iklan. Karena memang budget pas-pasan jalur online adalah jalur yang wajib kalian tempuh.
Dalam artikel ini saya tidak memberikan cara berpromosi yang ampuh/baik via online, karena di sini saya hanya ingin memberikan garis besarnya atau umumnya saja. Untuk secara khusus dan teknik akan saya bahas pada lain waktu.
9. Backlink
Backlink yang terbaik adalah dari situs kita sendiri. (Internal Link) - Admin
Namun apa daya bahwa umur blog masih seumur jagung. Perlu asupan gizi dan bantuan pihak lain untuk menyokong blog baru kita. Dengan begitu butuh gizi dan sokongan dengan mencari backlink dari situs berotoritas tinggi.
Baca Juga:
DA dan PA BUKAN sinyal dari SEO Google, ini adalah alat ukur milik dan buatan MOZ. Namun jika ditelisik, banyak sekali postingan yang berada halaman pertama adalah situs dengan DA dan PA yang tinggi. Jika tidak menemukan backlink dari situs berotoritas, carilah yang relevan dengan topik bahasan postingan kalian.
Ada yang bilang bahwa tahun ini backlink tidak perlu dicari lagi, saya sependapat juga karena faktanya beberapa blog yang saya build tanpa mencari backlink bisa berada di puncak atau halaman pertama, dengan syarat: submit ke webmaster dan saingan keywordnya sedikit.
Jadi, antara backlink perlu atau tidak ini masih jadi misteri. Untuk jelasnya kalian bisa bereksperimen sendiri.
10. Submit ke Webmaster
Untuk submit ke webmaster setiap search engine jelas sangat dianjurkan!!! Karena hal ini dilakukan agar memudahkan atau membantu artikel baru dan lama yang di edit mudah terindeks mesin pencari.
Baca Juga:
- Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Gratis dan Cepat
- Google Update Panduan Belajar SEO Lengkap
- Cara Cepat Artikel Baru Blog Terindeks Google
11. Hapus Sementara Semua Tentang SEO
Ketika kalian mencoba menulis pos sambil memikirkan SEO, maka tak hayal apabila tulisan tersebut menjadi tidak layak untuk dibaca dan cenderung tak bernyawa.
Coba ingat kembali tulisan awal kalian, lihat berapa trafik yang kalian dapat dari tulisan itu. Saya yakin bahwa tulisan itu mendapatkan banyak trafik / lalu lintas kunjungan.
Hal itu terjadi karena hati kalian saat itu sedang bahagia sehingga tulisan tersebut juga bernyawa. Dan saya akui juga pasti isi konten tersebut banyak basa-basi di dalamnya, namun basa-basi tersebut ternyata mengandung sejumlah kata kunci terkait sehingga mesin pencari menyukainya dan meletakkan tulisan kalian di posisi terbaik SERP.
Jadi, tidak ada salahnya jika kalian menulis kembali dengan hati bahagia dan kesampingkan dahulu pikiran tentang SEO.
Baca juga:
Masih kurang? Kalian bisa surfing ke situs lain kok.
Tulisan ini akan selalu diupdate hingga tahun-tahun mendatang. Semoga postingan ini bermanfaat dan menambah wawasan mengenai teknik SEO apa yang harus dilakukan. Ke-11 daftar ini adalah teknik White SEO di tahun 2019.
Posting Komentar untuk "11 Daftar Teknik SEO Terbaru 2019 [On Page & Off Page] NEW UPDATE!!!"