Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Status Rediricted (Dialihkan) Setelah Fetch As Google

Sebagai seorang blogger, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya fetch as google. Yups... fetch as google merupakan menu atau bagian dari google webmaster tools. Kita biasa menggunakan menu fetch as google setelah mempublikasikan atau memposting sebuah artikel di blog tujuannya agar URL artikel kita dapat dirander dan dirayapi oleh googlebot seingga artikel kita akan lebih mudah ditemukan di mesin telusur google.



Setelah melakukan proses fetch as google kita bisa melihat status "complited" atau "partial" atau jika dalam bahasa indonesia kita bisa melihat status "sebagian" dengan tanda berwarna hijau seperti pada gambar dibawah ini, maka itu artinya URL artikel yang baru saja kita publikasikan sudah bisa untuk dirayapi mesin telusur.


Tapi bagaimana jika ternyata setelah proses fetch as google kita tidak mendapatkan status "complited" / "partial"? yang didapatkan adalah status "redirected" atau status "dialihkan" yang ditandai dengan lingkaran berwarna kuning dengan tanda seru ditengahnya, seperti pada gambar dibawah. itu artinya ada kesalahan dalam menempatkan property blog sehingga link URL blog akan dialihkan kepada link yang masih dalam satu blog atau blog yang lian.



Lalu bagaimana cara memperbaiki kesalahan Status Redirected (Dialihkan) setelah melakukan Fetch As Google?

CARA MEMPERBAIKI STATUS REDIRECTED (DIALIHKAN) SETELAH FETCH AS GOOGLE
Cara memperbaiki kesalahan status redirected atau "dialihkan" setelah melakukan Fetch as Google sangat mudah sekali yaitu: Pertama tama pastikan dulu kita sudah meng-copy link URL nya dengan benar, Jika sudah dipastikan benar tetapi terjadi kesalahan redirect maka langkah selanjutnya adalah klik link url artikel yang sudah di fetch as google tadi kemudian perhatikan perbedaan antara link URL asli (sebelum dialihkan) dan link URL setelah dialihkan seperti contohnya pada gambar dibawah ini:



Dari contoh kasus gambar seperti diatas kita bisa melihat bahwa Link URL aslinya (awal) adalah
"https://www.unbloging.blogspot.com/2018dst..." kemudian setelah dialihkan menjadi "https://unbloging.blogspot.com/2018dst...". perbedaan dari kedua link tersebut hanya terletak pada "www" dan itulah yang menyebabkan statusnya menjadi redirect.

Setelah mengetahui penyebabnya makan solusinya adalah dengan menambahkan property baru dalam Google search console. Caranya adalah:
1. Buka Search console
2. Klik tombol "TAMBAHKAN PROPERTY" yang berwarna merah disebelah kanan bagian atas
3. Masukkan URL (dalam contoh kasus ini adalah URL yang tanpa "www")

4. Pastikan URL nya sudah benar dan klik tombol "tambah"
5. Buka kembali menu Fetch as Google di  Perayapan >> Fetch As Google
6. Masukkan URL posting blog yang tadi maka sekarang statusnya tidak akan "redirected"

Dengan begitu masalah status redirected di fetch as google sudah terpecahkan. Mudah sekali bukan??. Semoga penjelasan singkat tentang cara mengatasi status redirected pada proses fetch as Google dapat bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung :)

Posting Komentar untuk "Memperbaiki Status Rediricted (Dialihkan) Setelah Fetch As Google"