Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengganti http Menjadi https di Blog TLD: GRATIS

HTTPS (hypertext transfer protocol secure) adalah kombinasi dari HTTP (hypertext transfer protocol) dan SSL (Secure Socket Layer) dengan kombinasi tersebut akan membuat pengiriman data jauh lebih baik karena dapat menjaga kerahasiaan data antara server dan client. Penggunaan https sangat dianjurkan sekali oleh google, selain karena alasan keamanan  penggunaan https juga dipercaya akan meningkatkan ranking SEO sebuah situs.



Cara mudah mengatahui sebuah situs menggunakan SSL atau tidak sangat mudah, jika menggunakan SSL kita bisa melihat tanda gembok berwarna hijau dengan tulisan Secure dibagian address bar sebelah kiri. Saat pengujung tau bahwa dia ada disebuah situs yang aman, tentu saja hal ini akan menambah kepercayaan kepada situs yang dia kunjungi dan ini adalah sebuah nilai tambah bagi situs tersebut.

Ada beberapa cara mengganti http menjadi https diantaranya adalah:
  1. Membeli SSL Sertificate
  2. Mendaftar di Cloudflare
  3. Memanfaatkan fitur Blogger

Dipostingan ini saya tidak akan membahas cara No. 1 dan 2, saya hanya akan membahas cara No. 3 karena cara ini boleh dibilang sangat mudah, hanya dengan melakukan beberapa klik saja di Blog. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke Blogger lalu Ketik draft.blogger.com di address bar browser kamu
  2. Masuk ke SETELAN >> DASAR >> HTTPS
  3. Pilih YA di ketersediaan HTTPS (tunggu beberapa saat)
  4. Pilih YA di pengalihan HTTPS


Langkah selanjutnya adalah masuk ke Menu Tema >> Edit HTML lalu ganti semua http menjadi https. Tidak perlu satu persatu untuk mengganti http menjadi https, untuk memudahkan mengganti semua http menjadi https kamu bisa memanfaatkan Extension "Search and replace" jika kamu menggunakan google chrome.



Pastikan semua HTTP sudah diganti dengan HTTPS caranya cari dengan Ctrl+F lalu ketik HTTP jika sudah tidak ditemukan itu berarti semua http sudah berganti https, sekarang HTTPS sudah terpasang di situs blog top level domain kamu, mudah sekali kan Bro...

Langkah selanjutnya adalah masuk ke google search console dan tambahkan situs yang sudah diaktifkan dengan https sebagai property baru. Lalu kamu bisa mengatur property baru tadi seperti biasa, seperti menambahkan sitemap dll.
Terimaksih sudah mampir di blog ini, semoga posting 'cara mudah mengganti http menjadi https di blog TLD' bisa menjadi solusi.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengganti http Menjadi https di Blog TLD: GRATIS"