Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang dan Aktifkan Ads.txt di Blogger

Tutorial Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger - Tahun 2018 ini google adsense telah meluncurkan kebijakan baru terutama bagi para publisher google adsense. Salah satu kebijakan yang mewajibkan para publisher ads di google adsense atau sebagai mitra google harus memasang Ads.tx di situs mereka.

Pengertian Ads.txt adalah Authorized Digital Seller, sebuah konsep yang digagas dari inisiatif dari Interactive Advertising Bureau (IAB) untuk lebih membantu dalam memastikan inventaris iklan digital yang anda kelola hanya dijual melalui penjual secara resmi seperti halnya Google Adsense yang kini telah anda identifikasi setelah memasang Ads.txt. Hal ini memiliki arti bahwa kita telah memberikan izin kepada pihak tertentu seperti google adsense untuk menjual atau menayangkan iklan pada situs yang kita kelola sehingga dapat juga mencegah terjadinya invalid Activity.

Baca Juga : Cara Pasang HTTPS di Blogspot Custom Domain TLD

Mulai tahun 2018 pada dashboard Blogger.com sendiri telah tersedia fitur baru pada menu referensi penulusar tepatnya Ads.txt, Seperti yang telah anda ketahui bahwa tujuan dari pemasangan Ads.tx ini berguna untuk memastika inventaris dari iklan digital anda hanya dijual pada penjual secara resmi yang telah anda indentifikasi.

Namun jika anda sebagai publisher google adsense, waktu pertama melakukan pendaftaran google adsense melalui dasboard blogger.com, sebenarnya anda tidak perlu untuk mengaktifkanya secara manual. Sebab secara otomatis Ads.txt akan aktif, namun sebaiknya diaktifkan secara manual saja.

Nah cara untuk mengetahui ads.txt pada website anda sudah aktif atau belum, anda bisa  mengunjungi atau menggunakan link ini : http://www.domainAnda.com/ads.txt (rubah domain anda menjadi alamat domain dari website yang anda kelola).

Jika ads.txt pada website anda telah aktif maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Perlu anda ketahui, jika ads.txt pada blog atau website anda, tidak aktif, maka akan muncul notif Error 404. Namun ada pula yang telah aktif akan tetapi ID publishernya berbeda dengan akun adsense yang telah anda pasang.

Nah sebaiknya segera aktifkan Ads.tx pada website atau blog yang anda kelola, agar dapat di alihkan ke akun google adsense yang anda miliki dan telah aktif. Perbedaan yang terjadi karena faktor blog yang pernah didaftarkan pada google adsense namun pernah mengalami penolakaan.  Salah satu akibat yang timbul jika Ads.tx tidak kita aktifkan adalah sering tidak tampilnya iklan Adsense pada blog kita atau biasa disebut Blank putih saja.

Baca Juga : Cara Terbaru dan Mudah Agar Website Tampil Di Halaman Pertama Google / Ranking No.1

Hal ini tentu akan mempengaruhi penghasilan kita yang disebabkan tidak tampilnya iklan google adsense. Bagi kalian para publisher google adsense, sebaiknya segera untuk mengaktifkan ads.txt pada blog anda, agar mencegah terjadinya iklan Blank saja atau bahkan terjadi penonaktif an sementara pada penayangan iklan di blog Anda.

Berikut akan kami berikan langkah-langkah Cara mengaktifkan Ads.txt pada blog atau website yang kita kelola. Cara yang cukup mudah dan tidak begitu ribet untuk anda ikuti.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger (Pasang) :
  • Masuk ke dashboard blogger.com

  • Kemudian masuk ke menu setelan lalu preferensi penulusuran, Lihat gambar dibawah.

  • Setelah itu  pilih dan klik Ads.txt Custom. 

  • Lalu pilih aktifkan kemudian anda masukan text dibawah ini :
     google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0  

  • Pub-00000000000 ganti dengan ID publisher google adsense anda. Cara mengetahui ID publisher google adsense caranya masuk ke Dashboard Adsense anda lalu ikuti langkah dibawah ini :

    Masuk ke menu setting -> Account -> Account Information -> Pada account information tertera id publisher gooogle adsense anda, lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.


    Nomor penayang adalah nomor id google adsense anda.

  • Setelah anda memasukan kode diatas ke Ads.txt custom dengan benar, kemudian klik Simpan perubahan.

  • Maka secar otomatis Ads.txt anda telah aktif. Untuk memastikan bisa anda cek menggunakan link seperti diatas yakni https://www.damadomainanda.com/ads.txt.

Dengan mengaktifkan Ads.txt tentu banyak sekali memiliki manfaat, terutama menunjang tampilnya iklan pada blog kita, jika anda tidak segera mengaktifkan Ads.txt pada blog biasanya akan diberi notif dari google adsense yang mengharuskan untuk mengaktifkan Ads.txt pada web atau blog.

Baca Juga : Cara Menambah dan Verifikasi Rekening Bank untuk Pembayaran Google Adsense

Itu semua saya ambil berdasarkan pengalaman teman sesama blogger yang telah mengalaminya, kebanyakan mengalami iklan tidak tayang dan mendapat notif ads.txt dari google. Namun kembali normal setelah mengaktifkan Ads.txt.  Semua blog atau website yang kami kelola juga telah kami aktifkan untuk Ads.txt terutama blog koplakers.com ini.

Posting Komentar untuk "Cara Pasang dan Aktifkan Ads.txt di Blogger"