Cara Merencanakan Strategi Pemasaran Konten Anda
Jika Anda menjalankan bisnis online di zaman sekarang ini, Anda cukup menyadari fakta bahwa pemasaran tradisional tidak lagi efektif. Orang-orang bosan diajak bicara, itulah sebabnya semua bisnis sukses mengejar pelanggan mereka dengan menawarkan konten berkualitas tinggi terlebih dahulu.
Namun, meskipun materi yang sangat bagus adalah dasar dari segalanya, Anda harus mengemukakan strategi pemasaran konten yang jelas dan dipikirkan dengan baik, jika Anda berharap untuk mengubah pengikut Anda menjadi prospek dan kemudian pelanggan.
Ini berarti menganalisis siapa konten yang akan ditulis, dan masalah mana yang akan dialaminya. Ini juga harus asli dan unik, dan di atas semua itu, Anda perlu menentukan formatnya dan pada saluran yang dengannya Anda akan mempromosikannya.
Menurut Myles Petersen, yang merupakan kepala pemasaran untuk menulis layanan Essay Scholaradvisor, apakah Anda baru memulai atau Anda adalah pemasar konten berpengalaman, Anda harus melakukan hal berikut untuk mengumpulkan strategi pemasaran konten yang efektif:
Tetapkan Sasaran yang Jelas
Inilah titik awal anda. Anda perlu memiliki gagasan cemerlang tentang apa yang Anda inginkan agar strategi pemasaran konten Anda tercapai. Misalnya, meskipun tujuan akhir Anda adalah meningkatkan pendapatan Anda dengan menjual lebih banyak produk, ada tujuan lain yang lebih kecil yang mengarah ke hal itu.
Ini termasuk meningkatkan lalu lintas Anda, meningkatkan kualitas prospek Anda, menyebarkan kesadaran tentang merek Anda, membangun tautan balik, menjangkau influencer, dan sebagainya. Strategi konten Anda harus mencerminkan tujuan Anda.
Buat Personil Pemirsa
Datang dengan persona khalayak yang spesifik akan membantu Anda mengatasi khalayak yang tepat, dan juga untuk menjaga agar upaya pemasaran konten Anda lebih terfokus dan efektif.
Namun, Anda juga harus memperbaikinya memperbarui kepribadian audiens Anda secara teratur, karena mereka rentan berubah dari waktu ke waktu. Ini berarti Anda harus mengubah personas Anda agar sesuai dengan khalayak lama Anda dengan lebih baik atau menargetkan yang sama sekali baru.
Lakukan Audit Konten
Jika Anda telah melakukan pemasaran konten untuk sementara waktu, dan volume konten Anda signifikan, Anda dapat memperbaiki strategi Anda dengan melakukan audit menyeluruh terhadap konten Anda. Mengapa Anda ingin melakukan itu? Bahkan jika Anda beruntung, selalu ada ruang untuk perbaikan, dan satu-satunya cara untuk mengetahui aspek strategi Anda yang perlu diperbaiki adalah melakukan audit.
Ini termasuk menganalisis data analisis, yang seharusnya memberi wawasan lebih baik tentang kebiasaan, preferensi, demografi, serta perangkat dan saluran yang ingin digunakan pengunjung, menggunakan kembali konten Anda, dan mengubah waktu posting Anda di media sosial, hanya untuk memberi nama beberapa.
Pilih CMS
Meskipun Anda dapat membangun situs web Anda dari awal, jika Anda memilih untuk membuatnya menggunakan CMS, seperti WordPress, Anda dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Banyak dari platform ini juga dapat menangkap data analytics, mengotomatisasi beberapa upaya SEO Anda, dan banyak hal lainnya. Selain itu, Anda dapat dengan cepat memperluas fungsionalitas setiap CMS dengan plugin.
Mengelola konten dengan efisien akan menghemat banyak waktu, juga uang karena Anda dapat melakukan beberapa hal sendiri karena CMS biasanya sangat user-friendly.
Tentukan Jenis Konten
Jika Anda ingin strategi pemasaran Anda bekerja, konten Anda harus beragam, meskipun materi tulisnya masih sepopuler sebelumnya, Anda juga harus menciptakan jenis konten lainnya. Ini berarti mengandalkan berbagai bentuk, seperti gambar, infografis, video, podcast, ebook, animasi, atau tayangan slide, bergantung pada sasaran Anda, juga target audiens Anda.
Misalnya, jika Anda menargetkan pemirsa yang lebih muda yang lebih suka menggunakan perangkat portabel, video pendek, gambar, dan infografis akan jauh lebih efisien daripada artikel mendalam.
Pilih Saluran Anda
Jika Anda mencoba mengembangkan bisnis atau merek Anda, Anda perlu membuat akun di semua platform media sosial utama, karena Anda tidak ingin orang lain mengeposkan konten yang patut dipertanyakan atau tidak patut dengan nama yang sama seperti Anda sendiri, karena itu dapat menghancurkan reputasi dalam hitungan detik
Tapi, menjalankan semuanya tidak mungkin sebagian besar waktu, atau bahkan perlu. Misalnya, jika bisnis Anda adalah tentang menjual produk yang berkaitan dengan mode, gaya hidup, atau kebugaran, Anda perlu berfokus pada platform seperti Instagram, Pinterest, Facebook, dan bahkan mungkin Tumblr, dan hindari yang lain, seperti LinkedIn.
Semua ini sepertinya banyak pekerjaan, dan memang begitu. Tapi, jika Anda meluangkan waktu dan melakukan semua hal yang tercantum di atas, Anda akan bisa membangun strategi pemasaran konten yang hebat yang akan menghasilkan beberapa hasil bagus. Itu sangat berharga.
Namun, meskipun materi yang sangat bagus adalah dasar dari segalanya, Anda harus mengemukakan strategi pemasaran konten yang jelas dan dipikirkan dengan baik, jika Anda berharap untuk mengubah pengikut Anda menjadi prospek dan kemudian pelanggan.
Ini berarti menganalisis siapa konten yang akan ditulis, dan masalah mana yang akan dialaminya. Ini juga harus asli dan unik, dan di atas semua itu, Anda perlu menentukan formatnya dan pada saluran yang dengannya Anda akan mempromosikannya.
Menurut Myles Petersen, yang merupakan kepala pemasaran untuk menulis layanan Essay Scholaradvisor, apakah Anda baru memulai atau Anda adalah pemasar konten berpengalaman, Anda harus melakukan hal berikut untuk mengumpulkan strategi pemasaran konten yang efektif:
Tetapkan Sasaran yang Jelas
Inilah titik awal anda. Anda perlu memiliki gagasan cemerlang tentang apa yang Anda inginkan agar strategi pemasaran konten Anda tercapai. Misalnya, meskipun tujuan akhir Anda adalah meningkatkan pendapatan Anda dengan menjual lebih banyak produk, ada tujuan lain yang lebih kecil yang mengarah ke hal itu.
Ini termasuk meningkatkan lalu lintas Anda, meningkatkan kualitas prospek Anda, menyebarkan kesadaran tentang merek Anda, membangun tautan balik, menjangkau influencer, dan sebagainya. Strategi konten Anda harus mencerminkan tujuan Anda.
Buat Personil Pemirsa
Datang dengan persona khalayak yang spesifik akan membantu Anda mengatasi khalayak yang tepat, dan juga untuk menjaga agar upaya pemasaran konten Anda lebih terfokus dan efektif.
Namun, Anda juga harus memperbaikinya memperbarui kepribadian audiens Anda secara teratur, karena mereka rentan berubah dari waktu ke waktu. Ini berarti Anda harus mengubah personas Anda agar sesuai dengan khalayak lama Anda dengan lebih baik atau menargetkan yang sama sekali baru.
Lakukan Audit Konten
Jika Anda telah melakukan pemasaran konten untuk sementara waktu, dan volume konten Anda signifikan, Anda dapat memperbaiki strategi Anda dengan melakukan audit menyeluruh terhadap konten Anda. Mengapa Anda ingin melakukan itu? Bahkan jika Anda beruntung, selalu ada ruang untuk perbaikan, dan satu-satunya cara untuk mengetahui aspek strategi Anda yang perlu diperbaiki adalah melakukan audit.
Ini termasuk menganalisis data analisis, yang seharusnya memberi wawasan lebih baik tentang kebiasaan, preferensi, demografi, serta perangkat dan saluran yang ingin digunakan pengunjung, menggunakan kembali konten Anda, dan mengubah waktu posting Anda di media sosial, hanya untuk memberi nama beberapa.
Pilih CMS
Meskipun Anda dapat membangun situs web Anda dari awal, jika Anda memilih untuk membuatnya menggunakan CMS, seperti WordPress, Anda dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Banyak dari platform ini juga dapat menangkap data analytics, mengotomatisasi beberapa upaya SEO Anda, dan banyak hal lainnya. Selain itu, Anda dapat dengan cepat memperluas fungsionalitas setiap CMS dengan plugin.
Mengelola konten dengan efisien akan menghemat banyak waktu, juga uang karena Anda dapat melakukan beberapa hal sendiri karena CMS biasanya sangat user-friendly.
Tentukan Jenis Konten
Jika Anda ingin strategi pemasaran Anda bekerja, konten Anda harus beragam, meskipun materi tulisnya masih sepopuler sebelumnya, Anda juga harus menciptakan jenis konten lainnya. Ini berarti mengandalkan berbagai bentuk, seperti gambar, infografis, video, podcast, ebook, animasi, atau tayangan slide, bergantung pada sasaran Anda, juga target audiens Anda.
Misalnya, jika Anda menargetkan pemirsa yang lebih muda yang lebih suka menggunakan perangkat portabel, video pendek, gambar, dan infografis akan jauh lebih efisien daripada artikel mendalam.
Pilih Saluran Anda
Jika Anda mencoba mengembangkan bisnis atau merek Anda, Anda perlu membuat akun di semua platform media sosial utama, karena Anda tidak ingin orang lain mengeposkan konten yang patut dipertanyakan atau tidak patut dengan nama yang sama seperti Anda sendiri, karena itu dapat menghancurkan reputasi dalam hitungan detik
Tapi, menjalankan semuanya tidak mungkin sebagian besar waktu, atau bahkan perlu. Misalnya, jika bisnis Anda adalah tentang menjual produk yang berkaitan dengan mode, gaya hidup, atau kebugaran, Anda perlu berfokus pada platform seperti Instagram, Pinterest, Facebook, dan bahkan mungkin Tumblr, dan hindari yang lain, seperti LinkedIn.
Semua ini sepertinya banyak pekerjaan, dan memang begitu. Tapi, jika Anda meluangkan waktu dan melakukan semua hal yang tercantum di atas, Anda akan bisa membangun strategi pemasaran konten yang hebat yang akan menghasilkan beberapa hasil bagus. Itu sangat berharga.
Posting Komentar untuk "Cara Merencanakan Strategi Pemasaran Konten Anda"